Contoh Deskripsi Nilai Raport K-13 Revisi 2017 |
Sekilas Tentang Deskripsi Nilai Raport K-13 2017
Salah satu hal yang menjadi pembeda antara pada kurikulum KTSP dan kurikulum K-13 adalah penilaian pada raport. Karena pada raport kurikulum 2013 nilai di tampilkan dalam bentuk deskripsi per Kompetensi Dasar dari setiap muatan pelajaran.
Cara Mendeskripsikan Nilai Siswa dari Setiap Kompetensi Dasar
Kita semua tentu sedang di pusingkan dengan kegiatan penilaian K-13 yang menghendaki untuk dideskripsikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang mewakili beberapa KD dari setiap muatan pelajaran.
Bagi teman-teman yang sudah berpengalaman mungkin terlihat sebagai hal yang biasa, namun bagi teman-teman yang terbilang baru melaksanakan K-13 akan cukup dibuat pusing oleh kegiatan satu ini.
Untuk membantu teman-teman semua berikut kami sampaikan ulasan tentang cara membuat deskripsi nilai raport K-13 revisi 2017 yang akan kami sajikan secara ringan dan mudah di pahami. untuk lebih jelas perhatikan langkah - langkah berikut ini;
1. Siapkan Pemetaan KD Muatan Pelajaran pada semester yang akan di deskripsikan
Tujuannya adalah agar KD yang akan dinilai tidak meleset dari KD yang tedapat dalam muatan mapel yang akan di nilai.
2. Mengacu pada Panduan Penilaian K-13 halaman 46, bahwa dasar penentuan kelas interval/rentang predikat di ambil dari KKM terendah sekolah.
Pada panduan penilaian K-13 revisi di jelaskan bahwa panjang interval/rentang predikat diperoleh dari perhitungan KKM maksimal/tertinggi di kurangi dengan KKM terendah sekolah kemudian di bagi 3 ( Aspek Penentuan Kompleksitas, Intake Siswa, Daya Dukung).
3. KD yang dideskripsikan adalah KD tertinggi dan KD terendah nilainya dalam satu muatan mapel
KD dengan predikat A di deskripsikan sebagai sangat baik, KD dengan predikat B dideskripsikan sebagai sudah baik, baik, atau perlu ditingkatkan, dan KD dengan predikat C dideskripsikan sebagai perlu bimbingan.
Jika dalam suatu muatan pelajaran nilai KD-KD nya semuanya berpredikat B maka deskripsi tertinggi memakai deskripsi baik dan deskripsi terendah memakai perlu ditingkatkan
4. Sebisa mungkin hindari nilai dengan predikat C, karena menimbulkan pemahaman bahwa siswa tidak layak naik kelas.
Predikat nilai C artinya siswa perlu bimbingan yang artinya siswa tersebut belum layak untuk dilanjutkan kekelas selanjutnya, jadi sebisa mungkin dihindarkan dari nilai dengan predikat C
Sedikit penjelasan dari gurusdkita.com tentang cara mendeskripsikan KD kedalam kalimat penilaian. bagi yang ingin melihat contoh perhitungan interval/rentang predikat dapat mendowload file excelnya melalui link download di bawah ini:
demikian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat, bagi yang menyukai artikel ini kami persilahkan untuk membagikan melalui tombol berbagi di media sosial di bawah postingan ini.
Terima Kasih para Pahlawan Pendidikan.