Tps Menumbuhkan Budaya Membaca di Sekolah Dasar

Tips Menumbuhkan Budaya Membaca di SD

Membaca, satu kata yang tentu sangat akrab dengan kita semua. hampir semua orang didunia ini selalu melakukan aktivitas yang satu ini. 

Terdapat banyak hal yang dapat kita baca mulai dari buku pelajaran, komik, majalah, koran, maupun iklan/spanduk yang sering kita temui di pinggiran jalan raya.

Pada hakikatnya membaca harus menjadi modal utama setiap orang yang ingin menjadi manusia yang lebih baik. Kebiasaan membaca ini sudah mesti tertanam dari dalam diri kita sejak masih anak-anak, terlebih bagi anak-anak dalam tahap perkembangan. 


Kenyataannya, dewasa ini orang-orang mulai menurun minat membaca dalam kesehariannnya. pengalaman di lapangan (sekolah), anak-anak akan lebih tertarik untuk menonton acara televisi yang belum layak untuk mereka tonton. 

Daripada menonton serial kartun ataupun tayangan-tayangan yang di tawarkan oleh TV Edukasi-Kemdikbud  dan Rumah Belajar - Kemdikbud   yang semuanya berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)  Padahal tampilan pada website-sebsite diatas sangat menarik.

hal yang sama juga terjadi pada anak-anak di pedesaan. Degredasi minat baca seakan melumpuhkan pendidikan kita, padahal membaca adalah kunci dalam membuka dan menggali semua disiplin ilmu Pengetahuan. 

Sedangkan pendidikan dan hakikat hidup manusia tidak akan terlepas dari yang namanya pendidikan sepenjang hayat (long life education), saat dimana-mana di penjuru dunia setiap pribadi terus membekali diri dengan ilmu yang terus mereka gali yang salah satunya melalui kegiatan membaca (Reading Activity)

Kesadaran membaca perlu di galakan oleh setiap kita, dan saling mengingatkan agar semua kita termasuk orang-orang yang terus meng- upgrade diri kita dengan pengembangan pengetahuan sepanjang hayat.

demikianlah ulasan kita kali ini, dilain kesempatan kita akan membahas tentang kegiatan Pembiasan Literasi di kelas maupun di sekolah.

0 Response to "Tps Menumbuhkan Budaya Membaca di Sekolah Dasar"

Post a Comment

Most Wanted

Featured post

Cara Membuat Deskripsi Nilai Raport K-13 Revisi 2017

Contoh Deskripsi Nilai Raport K-13 Revisi 2017 Sekilas Tentang Deskripsi Nilai Raport K-13 2017   Salah satu hal yang menj...